Lakukan Ini dan Anda Akan Di Sambut Hanngat Di Mana Saja

shares |

Mengapa harus membaca ini untuk mendapatkan teman? Mengapa tidak belajar teknik yang telah digunakan oleh mereka yang mampu memperoleh teman, mereka yang terkenal di dunia? Siapa dia? Anda mungkin besok akan bertemu dengannya, sedang berjalan. Taktala anda berada dalam jarak sepuouh kaki dengannya, dia akan mulai menggoyangkan ekornya. Kalau anda berhenti dan menepuk-nepuknya, dia nyaris akan lompat keluar dari kulitnya, untuk menunjukan kepada anda betapa dia menyukai anda. Dan anda tahu bahwa dibalik kehangatan yang dia tunjukkan dari pihaknya, tidak ada motif yang tersembunyi, dia bukannya hendak menjual real-estate apapun kepada anda, dan dia juga tidak ingin mengawini anda.

Pernahkah anda berhenti dan berpikir bahwa seekor anjing adalah satu-satunya binatang yang tidak perlu bekerja untuk menghidupi dirinya? Seekor ayam betina harus memberi telur, sapi betina harus memberikan susunya, dan seekor burung kenari harus bernyanyi. Tapi seekor anjing tidak harus bekerja dan tidak memberi sesuatu apapun kecuali cinta.
Dia tidak pernah membaca buku psikologi. Dia tidak perlu membacanya. Dia sudah tahu berdasarkan naluri bahwa dia bisa berteman lebih banyak dalam waktu dua bulan, dengan cara sungguh-sungguh tertarik pada yang lain, dibandingkan dengan yang bisa dia lakukan dalam waktu dua tahun dengan cara mengusahakan yang lain tertarik pada dia. Biarkan saya mengulanginya. Anda bisa mendapat lebih banyak kawan dalam waktu dua bulan dengan cara menjadi tertarik dengan orang lain, dibandingkan dengan yang bisa anda peroleh dalam waktu dua tahun dengan cara mengusahan orang lain tertarik pada anda.
Namun saya kenal, dan anda pun kenal, orang-orang yang membuat kesalahan besar dalam kehidupan, yang berusaha mengayunkan orang lain agar menjadi tertarik kepada mereka.
Tentu saja, cara itu tidak akan berhasil. Orang-orang tidak akan tertarik pada anda. Mereka pun tidak akan tertarik pada saya. Mereka hanya tertarik pada mereka sendiri-pada pagi hari, siang dan setelah santap malam.
Perusahaan tetepon New York membuat satu studi terperinci mengenai pembicaraan lewat telepon, untuk mencari tahu kata apa yang sering digunakan. Anda sudah bisa menebaknya, yaitu kata ganti orang pertama, “saya”, “saya”, “saya”. Kata itu dipakai 3900 kali dalam 500 percakapan telepon.
Taktala anda melihat sebuah foto berkelompok di mana anda berada di dalamnya, foto siapa yang pertama kali anda lihat?
Kalau kita cuma memberi kesan kepada orang lain, dan berusaha menjadika orang lain menjadi tertarik kepada kita, kita tidak akan pernah mempunyai banyak kawan yang sejati dan tulus. Kawan, kawan sejati tidak dihasilkan dengan cara itu.
Napoleon sudah mencobanya, dan dalam pertemuan terakhirnya dengan Josephine, dia berkata: “Josephine, saya adalah lelaki yang paling beruntung di dunia ini; namun; pada jam ini, kau satu-satunya orang di dunia ini yang bisa saya percaya.” Dan para ahlisejarah meragukan apakah dia bisa percaya, bahkan pada Josephine.
Alfred Adler, seorang psikolog terkenal dari Vienna, menulis sebuah buku dengan judul What Life Should Mean To You. Dalam buku itu ia berkata, “Individu yang tidak tertarik kepada kawan-kawannya yang memiliki kesulitan terbesar dalam hidup dan memberikan luka terbesar kepada orang lain, dari antara para individu tersebutlah kegagalan manusia timbul”.

Anda mungkin sudah banyk membaca mengenai psikologi, tanpa menemukan satu pertanyaan yang lebih penting untuk anda dan saya, pernyataan Adler begitu kaya makna.

Seorang editor majalah terkemuka, dia bisa mengambil yang manapun dari lusinan cerita yang terletak di mejanya setiap hari. Kemudian setelah membaca beberapa paragraf, dia sudah bisa merasakan apakah si penulis menyukai orang-orang. “Kalau si penulis tidak menyukai orang” ujarnya, “ orang tidak akan menyukai cerita-ceritanya”. Anda harus menaruh minat kepada orang lain kalau anda ingin berhasil menjadi pemulis.

Kalau itu berlaku pada penulisan fiksi, anda juga bisa yakin kalau itu juga berlaku dalam berurusan dengan orang secara berhadapan muka.

Thurston dikenal sebagai ketua para ahli sulap. Selama 40 tahun dia telah berkeliling dunia, menciptakan ilusi-ilusi, menyihir para penonton dan membuat orang tercengang. Lebih 60 juta orang telah membayar untuk menonton pertunjukannya.

Apa rahasia suksesnya? Pendidikan formalnya sudah pasti tidak ada hubungannya dengan ini, karena dia telah melarikan diri dari rumah ketika masih merupakan seorang anak lelaki kecil, untuk menjadi gelandangan, naik gerbong barang, tidur di tumpukan jerami, mengemis makanan dari pintu ke pintu, dan belajar membaca dengan cara memandang keluar gerbong barang, memandangi tanda-tanda di sepanjang jalan.
Apakah di mempunyai pengetahuan luar biasa tentang sulap? Tidak,. Ratusan buku sudah ditulis tentang permainan sulap. Dan hampir semua orang sudah tahu apa yang dia kerjakan. Tetapi dia mempunyai dua hal yang orang lain tidak punya. Pertama, di mempunyai kemampuan menampilakan kepribadiannya di depan lampu sorot. Dia adalah seorang penghibur ulung. Dia dikenal akan sifat dasar manusia. Segala yang dilakukannya, setiap gerakan, setiap intonasi suaranya, setiap saat alisnya terangkat, telah dipraktekannya dengan seksamna sebelumnya, dan aksi panggungnya dihitung dalam pecahan detik. Tapi, sebagai tambahan dari kemampuan itu, banyak para tukang sulap akan melihat kepada penonton dan berkata pada dirinya sendiri, “Nah ada sekelompok besar orang yang mudah ditipu di sana, sekelompok orang dusun saya akan membodohi mereka”.tapi metode Thurston sama sekali berbeda. Dia katakan bahwa setiap kali naik panggung dia berkata kepada dirinya sendiri, “Saya sangat bersyukur  karena orang-orang ini datang kepada saya. Merekalah yang memungkinkan saya mencari uang dengan cara yang sangat saya sukai. Saya akan memberi mereka pertunjukan yang terbaik yang mampu saya lakukan”.

Dia mengnkui bahwa dia tidak pernah menginjakkan kai di depan lampu sorot, tanpa lebih dulu berkata kepada dirinya berulang-ulang: “Saya mencintai penonton saya, Saya mencintai penonton saya”. Menggelikan? Tidak masuk akal? Anda berhak berpikir apapun yang anda sukai. Saya sekedar menyampaikannya kepada anda tanpa komentar, persis seperti resep yang digunakan salah satu tukang sulap yang paling terkenal sepanjang masa.

Saya tidak pernah lupa bahwa minat yang tulus pada orang lain adalah kualitas yang paling penting untuk dimiliki oleh siapapun, untuk siapapun dan untuk masalah apapun.

Saya sudah menemukan dari pengalaman pribadi bahwa seseorang bisa memenangkan perhatian, waktu dan kerja sama bahkan dari orang-orang yang sukar, dengan cara sungguh-sungguh berminat pada mereka. Biarkan saya menjelaskan.

Kita, apakah kita pekerja pabrik, pegawai kantor, atau bahkan seorang raja di tahtanya, semua senang sekali bila orang mengagumi kita. Ambil contoh Kaisar jerman, misalnya. Pada akhir perang dunia I, dia mungkin lelaki yang paling di kutuk di bumi, bahkan bangsanya sendiri berpaling melawannya taktala dia melarikan diri ke Holland untuk menyelamatkan lehernya. Rasa benci terhadap dirinya sangat besar, sehingga jutaan orang akan dengan senang hati merobek-robeknya atau membakarnya di atas tumpukan kayu.di tengah-tengah rasa amarah seperti dalam rimba ini, seorang anak kecil menulis kepada Kaisar sepucuk surat sederhana dan tulus  yang menyatakan kebaikan hati dan kekagumannya. Anak kecil ini mengatakan bahwa dia tidak peduli apa pikiran mereka yang lain, dia akan selalu mencintai Wilhelm sebagai kaisarnya. Sang Kaisar sangat tersentuh oleh surat ini dan mengundang anak kecil itu untuk datang menengoknya. Anak itu datang, bersama ibunya-dan Sang Kaisar kemudian menikahi ibunya. Anak kecil itu tidak perlu membaca buku tetatang bagaimana mendapat teman dan mempengaruhi orang lain. Dia tahu secara naluriah.
Kalau kita ingin berkawan, biarkan kita melakukan sesuatu untuk orang lain-hal-hal yang memerlukan waktu, energi, rasa tidak mementingkan diri dan pemikiran.

Bertahun-tahun, saya berusaha mencari tahu hari ulang tahun kawan-kawan saya. Bagaimana? Meskipun saya idak punya bakat sedikitpun dalam bidang astrologi, saya mulai dengan meminta pada pihak yang lain apakah dia percaya bahwa tanggal lahir seseorang ada hubungannya dengan karakter dan disposisi.. saya kemudian menyarankan kepadanya untuk menyampaikan kepada saya bulan dan tanggal lahirnya. Kalau di mengatakan 24 November, misalnya, saya terus mengulanginya pada diri sendiri, “24 November, 24 November.” Begitu punggung kawan saya berbalik, maka saya akan mencatat nama dan tanggal lahirnya selanjutnya memindahkan ke buku catatan ulang tahun. Pada awal setiap tahun, saya memindahkan tanggal-tanggal ulang tahun ini ke kalender meja saya, sehingga otomatis saya akan memperhatikannya. Ketika hari kelahiran tertentu tiba, ada surat atau telegram dari saya. Betapa mengejtkan hasilnya! Saya sering merupakan orang satu-satunya di bumi ini yang mengingatnya.

Kalau kita inginmendapat kawan, mari kita menyapa orang dengan antusias dan semangat. Apabila seseorang menelepon anda, gunakan psikologi yang sama, “Halo” dalam nada yang menyuarakan betapa anda senang mendengar dia menelepon anda. Banyak perusahaan yang melatih para operator teleponnya untuk menyapa para penelepon dalam nada suara yang menyiratkan minat dan antusiasme. Si penelepon merasa bahwa perusahaan memperhatikan mereka. Mari kita ingat hal itu apabila kita menerima telepon besok.

Memperhatikan minat yang sungguh-sungguh terhadap orang lain bukan hanya memberi kawan bagi anda, melainkan juga akan menarik pelanggan setia untuk perusahaan anda.

Penunjukan minat, seperti halnya dengan semua prinsip lain dari hubungan manusia, haruslah tulus.  Ara ini harus memberikan imbalan, bukan hanya untuk orang yang memperlihatkan minatnya, melainkan juga untuk orang yang menerima perhatian itu. Ini merupakan jalur dua arah-kedua pihak memperoleh manfaat.

Kalau anda ingin orang lain menyukai anda, kalau anda ingin mengembangkan persahabatan sejati, kalu anda ingin menolong orang lain sekaligus menolong diri anda sendiri, simpan prinsip ini dalam pikiran anda.

Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain.

Related Posts