***************Tiada kata cukup untuk terus belajar dan berbagi**************Professional Musical Tradition and Modern Culture***************

Tuesday, 12 April 2011

Download gratis Style gending Kirab Temanten dan software

Bagi para pelaku Organ Tunggal tentu saja pernah diundang pada salah satu acara resepsi Hajatan Mantu. Seperti halnya acara perkawinan di daerah lain umumnya, upacara perkawinan Jawa ada sebuah ritual khusus dalam tradisi "Ngunduh Mantu". Upacara ritual tersebut biasa disebut Kirab Temanten. Ada dua segmen dalam kirab tersebut, yaitu Kirab Ksatriyan dan Kirab Kalanendran.


Prosesi tersebut terdiri dari: Upacara Panggih atau  Temu Penganten, Balangan suruh, Ritual Wiji Dadi, Ritual Kacar Kucur atau Tampa Kaya, Ritual Dhahar Klimah atau  Dhahar Kembul, Mertui atau Mapag Besan, Upacara Sungkeman, Ritual lain, Sindhur Binayang, TimbangTanem, Bubak Kawah, Tumplak Punjen, Tukar Kalpika, Resepsi Perkawinan.
Dalam setiap adegan ritual tersebut selalu di iringi dengan sebuah gending khusus.

Di beberapa tempat memang kadang masih menggunakan kaset sebagai pengiringnya, walaupun disana bersamaan ada OT. Alasannya pun sangat klasik, " maaf disket-nya belum ada". Mudah-mudahan di postingan saya kali ini dapat mengurangi sedikit kerancuan tentang prosesi Kirab Manten yang masih menjadi momok bagi para pemain Organ Tunggal (OT).


Setiap ritual tidak tentu seberapa lamanya itu berlangsung, kita pun juga tidak tahu berapa kali gending itu berputar sampai segmen kirab tersebut selesai. Kadang disaat tertentu gending tersebut harus berhenti (suwuk) di "ompak". Hal-hal seperti semacam itu yang membuat saya terketuk untuk mengajak kepada teman-teman semua untuk belajar bersama. Dengan menjunjung semangat profesionalitas mari kita budayakan budaya kita.


Style Gending Kirab Temanten lengkap. Download disini.

Jangan lupa kritik dan sarannya.
Salam SUKSES selalu..........

1 comment:

  1. maaf mau sedot style nie.... salam kenal.. matur nuwon.. sukses selalu..

    ReplyDelete

Terima Kasih............. Salam Sukses selalu.

Search